1.
Terdapat 2 (dua) buah Negara bertetangga yang pertama
adalah Negara Astina dan Negara Amarta. Negara Astina memiliki jumlah penduduk
14.500.000 jiwa sedangkan Negara Amarta memiliki jumlah penduduk 9.700.000
jiwa. Penduduk Negara Astina yang melakukan perjalanan wisata minimal 1 (satu)
kali berjumlah 1.150.000 orang; penduduk yang melakukan perjalanan wisata 2
(dua) kali berjumlah 475.000 orang; penduduk yang melakukan perjalanan wisata 3
(tiga) kali berjumlah 185.000. Penduduk Amarta yang melakukan perjalanan wisata
minimal 1 (satu) kali berjumlah 675.000 orang; penduduk yang melakukan
perjalanan wisata 2 (dua) kali berjumlah 355.000 orang; penduduk yang melakukan
perjalanan wisata 3 (tiga) kali berjumlah 193.000. Adapun yang harus anda
analisis adalah negara mana yang menurut anda paling besar kemampuan sebagai negara
asal wisatawan, sebutkan alasan-alasan anda dalam menarik kesimpulan yang telah
anda berikan ?
2.
Sebutkan apa saja sifat-sifat dari kecenderungan
perjalanan ?
3.
Berikan
contoh dari produk jasa kepariwisataan yang berada pada kondisi elastis,
elastisitas murni dan tidak elastis. Berikan alasan mengenai apa yang
anda sebutkan tersebut ?
JAWABAN:
a.) Berdasarkan Perhitungan Kecenderungan Perjalanan Bersih :
NTP = N X 100%
P
= 1.223.000 X 100%
9.700.000
= 0.1261 = 12,61%
b.) Berdasarkan Perhitungan Kecenderungan Perjalanan Kotor :
GTP = T X 100%
P
= 1.964.000 X 100%
9.700.000
= 0.2025 = 20,25%
c.) Frekuensi Perjalanan :
TF = GTP
NTP
= 12,61%
20,25%
= 0,62 Kali
= 1 Kali
Menurut saya, negara yang paling besar kemampuan sebagai negara asal wisatawan adalah Negara Amarta. Karena NTP, GTP, dan TF Negara Amarta lebih besar dari pada NTP, GTP, dan TF Negara Astina.
Menurut saya, negara yang paling besar kemampuan sebagai negara asal wisatawan adalah Negara Amarta. Karena NTP, GTP, dan TF Negara Amarta lebih besar dari pada NTP, GTP, dan TF Negara Astina.
2. sifat-sifat Kecederungan Perjalanan adalah :
Kecenderungan Perjalanan
yang Tinggi disebabkan oleh :
a. Faktor pendapatan penduduk yang besar
b. Tuntutan pekerjaan (profesionalisme)
c. Lingkungan masyarakat
d. Menghilangkan rasa jenuh
e. Hubungan
tali persaudaraan
f. Tingkat pendidikan penduduk yang tinggi
Kecenderungan Perjalanan yang Rendah disebabkan oleh :
a. Ekonomi sulit
b. Terikat kontrak pekerjaan
c. Faktor budaya,suku (suku
pedalaman)
d. Usia yang melebihi >45
e. Anggota keluarga besar
(>5 orang)
3. sifat-sifat Kecederungan Perjalanan adalah :
Kecenderungan Perjalanan yang Tinggi disebabkan oleh :
a. Faktor
pendapatan penduduk yang besar
b. Tuntutan
pekerjaan (profesionalisme)
c. Lingkungan
masyarakat
d. Menghilangkan
rasa jenuh
e. Hubungan
tali persaudaraan
f. Tingkat
pendidikan penduduk yang tinggi
Kecenderungan Perjalanan yang Rendah disebabkan oleh :
a. Ekonomi
sulit
b. Terikat
kontrak pekerjaan
c. Faktor
budaya,suku (suku pedalaman)
d. Usia yang
melebihi >45
e. Anggota
keluarga besar (>5 orang)
· Kondisi
Elastis:
Seorang wisatawan yang
melakukan perjalanan wisata yang dibayarkan oleh perushaan tempat orang
tersebut bekerja untukm keperluan bisnis.
Pengusaha yang melakukan
perjalanan bisnis yang diutus oleh perusahaannya tidak perlu mengelurakan biaya
untuk keperluannya karena biaya sudah ditanggung oleh perusahaan yang
mengirimkannya.
· Kondisi
Elastisitas murni
Kenaikan harga bahan bakar
minyak.
Kenaikan harga bahan bakar
minyak dapat mempengaruhi semua harga produk,termasuk produk pariwisata karena
dengan kenaikan harga bahan bakar minyak,harga p-angan dan dan harga bensin
untuk transportasi juga akan meningkat.
· Kondisi
Tidak elastis
Seorang wisatawan yang
melakukan perjalanannya atas biaya sendiri,sehingga apabila ada kenaikan harga
maka wisatawan tersebut akan mencari alternatif lain yang sesuai dengan biaya
yang dimilikinya.
Misalnya saja
terdapat wisatawan yang akan melakukan perjalanan dengan biaya sendiri
sehingga perjalanan wisata yang akan dilakukan sangat tergantung dengan rencana
dan biaya yang sudah direncakan/telah disusun ditempat asalnya.Dan pada saat
tiba ditempat tujuan,apabila terdapat perhubahan harga(hotel,restaurant dan
lain-lain)<maka wisatawan tersebut akan mencari hotel,restaurant lain yang
lebih sesuai dengan biaya yang dimilikinya.
Nilai 80
BalasHapusGood